Prosedur Klaim Pada Asuransi Kendaraan Bermotor

Genpi – Prosedur Klaim Pada Asuransi Kendaraan Bermotor, klaim berarti permohonan atau tuntutan pemilik polis terhadap perusahaan asuransi untuk pembayaran santunan sesuai dengan pasal – pasal dari sebuah polis. Klaim juga berarti aplikasi oleh peserta untuk memperoleh Pertanggungan atas kerugian yang dialaminya yang tersedia berdasarkan perjanjian.

Tidak ada alasan bagi perusahaan asuransi memperlambat pembayaran klaim kepada tertanggung karena klain adalah suatu proses yang telah diantisipasi sejak awal oleh semua perusahaan asuransi.

Prosedur Klaim Pada Asuransi Kendaraan Bermotor, cara klaim asuransi, cara klaim asuransi motor
Cara Klaim Pada Asuransi Kendaraan Bermotor

Jika mengikuti proses dan langkah yang benar serta dengan melengkapi semua berkas yang diperlukan, maka klaim asuransi kendaraan bermotor sangat mudah dilakukan. Saat melakukan proses klaim asuransi, biaya yang dikenakan kepada nasabah disebut dengan biaya resiko sendiri (own risk). Yang besarnya tergantung pada kebijakan perusahaan asuransi dan juga diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan yaitu sebesar Rp.300.000 untuk setiap klaim yang diajukan.

Secara umum langkah pertama untuk melakukan klaim asuransi kendaraan bermotor adalah disaat terjadinya kecelakaan nasabah sebaiknya langsung mengambil foto bagian mobil yang mengalami kerusakan. Ini sangat penting dilakukan sebagai bukti yang dapat dimasukkan disaat mengajukan klaim asuransi.

Baca juga Premi pada asuransi jiwa 

Setelah itu, mengikuti prosedur umum yang biasa diterapkan diperusahaan asuransi kendaraan bermotor dimanapun:
Menghubungi pihak asuransi dan mempersiapkan dokumen – dokumen yang diperlukan untuk pengajuan klaim. Diantaranya polis asuransi, SIM, KTP dan surat keterangan dari kepolisian terutama jika kendaraan rusak parah dalam suatu kecelakaan atau terkena tindakan kriminal.

Setelah persyaratan untuk mengajukan klaim telah lengkap dan memenuhi semua ketentuan dari perusahaan asuransi. Maka bawalah mobil Anda kepada pihak bengkel yang ditunjuk sebagai rekanan dari perusahaan asuransi. Jangan memperbaiki mobil Anda dibengkel yang bukan rekanan dari perusahaan asuransi karena kemungkinan klaim Anda akan ditolak nantinya.
Prosedur terakhir dalam mengajukan klaim, mengisi formulir yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Informasi yang Anda berikan pada formulir ini harus jelas dengan data akurat dan detail mengenai kejadian terjadinya kecelakaan pada kendaraan Anda. Jika ditemukan data dan infornasi yang bertentangan dengan kejadian sebenarnya saat dilapangan, maka klaim Anda kemungkinan besar akan ditolak.

Setelah mengisi semua informasi pada formulir, Anda dapat menanyakan mengenai berapa lama klaim Anda akan diberi jawaban. Dan mengenai berapa lama proses reparasi kendaraan Anda. Untuk lama tidaknya reparasi ini dipengaruhi oleh parah atau tidaknya kerusakan yang kendaraan Anda alami. Untuk kerusakan minor dalam 1 – 2 hari kemungkinan kendaraan Anda akan selesai. Namun jika kerusakan yang dialami berat maka bukan tidak mungkin jika reparasi membutuhkan waktu selama berminggu – minggu atau bahkan mencapai sebulan.

Mudahnya proses klaim asuransi ini memperbesar keinginan orang untuk mengasuransikan kendaraan bermotor yang dimilikinya. Untuk mendapatkan perlindungan dan kenyamanan dalam berkendara dijalan raya.