Premi Pada Asuransi Jiwa

Genpi– Berbicara premi asuransi tentu tidak asing dimasa sekarang, masyarakat senantiasa berusaha mendapatkan keamanan dan kesejahteraan hidup untuk dirinya maupun untuk orang – orang yang bergantung kepadanya. Hal – hal tak terduga yang mungkin terjadi dalam hidup, misalnya kecelakaan, bencana alam atau kematian yang mengakibatkan adanya risiko kerugian finansial yang berdampak pada kesejahteraan maupun keamanan masyarakat.

Premi Pada Asuransi Jiwa, premi asuransi jiwa allianz, asuransi investasi terbaik
Premi Pada Asuransi Jiwa

Salah satu cara yang dapat diandalkan untuk memperkecil risiko tersebut adalah asuransi. Asuransi dapat digunakan untuk mengurangi kerugian yang akan ditimbulkan oleh kejadian – kejadian tidak terduga seperti kematian, hari tua dan kecelakaan. Oleh karena itu tertanggung harus memilih jenis asuransiyang sesuai dengan kebutuhan dan memperhatikan polis asuransi yang akan dipilih dengan teliti.

Asuransi yang dirancang untuk mengurangi risiko kerugian finansial karena tak terduga yang berkaitan dengan kematian tertanggung disebut asuransi jiwa. Dalam asuransi jiwa, penanggung memberikan sejumlah manfaat kematian (death benefit) sebagai klaim ketika tertanggung mengalami kematian.

Baca juga Memilih asuransi jiwa terbaik

Asuransi merupakan pemindahan risiko dimana penanggung mengikatkan diri dalam kontrak polis kepada tertanggung dengan menerima sejumlah uang (premi) dan memberikan klaim yakni sejumlah uang pertanggungan kepada tertanggung ketika kerugian yang mungkin akan diderita tertanggung timbul dari suatu peristiwa tidak pasti dimasa yang akan datang. Kotrak pemindahan risiko tersebut dinyatakan dalam suatu polis dan atas pengalihan risiko tersebut tertanggung wajib membayar premi kepada penanggung.

Premi asuransi jiwa merupakan sejumlah besaran uang yang harus dibayarkan seorang nasabah asuransi kepada perusahaan asuransi, untuk polis asuransi jiwa yang dimilikinya. Premi ini dapat dibayarkan secara tunai pada awal perjanjian, dapat pula dibayar setiap bulan. Selama jangka waktu yang telah ditentukan didalam polis asuransi.

Premi asuransi jiwa yang ditawarkan oleah perusahaan asuransi tersedia dengan biaya premi dibawah Rp.5 juta per tahun dan uang pertanggungan di atas 1 milyar. Namun tingkat harga premi asuransi jiwa ini beragam tergantung kepada faktor – faktor tertentu yang dinilai oleh agen asuransi terhadap calon nasabah yang mengajukan sebuah polis asuransi jiwa.
Faktor – faktor yang menjadi penilaian disini diantaranya;

Usia tertanggung, usia tertanggung sangat menentukan jumlah premi yang harus dibayarkan. Hal ini berkaitan dengan besarnya angka statistik usia kematian. Setiap perusahaan asuransi memiliki daftar statistik mengenai usia dan harapan hidup yang menjadi dasar para agen asuransi menentukan jumlah premi. Semakin muda usia tertanggung di saat polis asuransi dibuat, kemungkinan besar premi yang harus dibayarkan juga akan lebih kecil. Bahkan ketika nasabah mengajukan polis asuransi diusia muda misalnya 30 tahun, nasabah tersebut tidak diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan medis sebagai syarat ketika polis asuransi akan dibuat.

Perokok, jumlah premi untuk perokok terutama perokok aktif umumnya akan lebih besar dibandingkan untuk nasabah yang bukan perokok. Karena perusahaan asuransi beranggapan bahwa perokok memiliki risiko penyakit dan kematian yang lebih besar dibandingkan dengan nasabah yang tidak merokok.

Riwayat kesehatan, bagi nasabah yang memiliki riwayat kesehatan buruk maka jumlah premi asuransi yang harus dibayarkan akan lebih mahal dibandingkan dengan nasabah yang tidak memiliki riwayat penyakit apapun.

Jenis perkerjaan, apa perkerjaan Anda memperngaruhi jumlah premi asuransi jiwa yang harus anda bayarkan. Bila anda berkerja pada perkerjaan dengan risiko kecelakaan yang tinggi seperti tambang. Ladang minyak, kru pesawat, pilot pesawat. Premi asuransi jiwa yang harus dibayarkan akan cukup mahal.

Nilai uang pertanggungan, besarnya uang pertanggungan yang Anda inginkan memperngaruhi besarnya premi yang harus Anda bayarkan.

Masa kontrak polis, kontrak polis asuransi jiwa tersedia mulai dari 20 tahun hingga seumur hidup (whole life insurance) atau 99 tahun. Jumlah tahun perlindungan polis yang Anda pilih akan menentukan besarnya jumlah premi yang harus Anda bayarkan.

Jenis asuransi yang dibeli, jenis asuransi jiwa murni memiliki premi yang terjangkau dengan manfaat yang cukup baik. Sementara itu untuk jenis asuransi tidak murni misalnya asuransi yang menggabungkan fungsi proteksi dengan investasi, kemungkinan besar jumlah premi yang harus dibayarkan akan cukup mahal.

Oleh karena beberapa alasan diatas, premi asuransi jiwa yang harus Anda bayarkan akan lebih mahal, untuk itu sebelum memilih dan mengajukan polis asuransi jiwa, berpikirlah kedepan mengenai kemungkinan jangka waktu, nilai uang pertanggungan serta jenis polis yang akan Anda pilih. Untuk lebih memaksimalkan manfaat yang nantinya Anda dan keluarga Anda terima.