Kapan bayi boleh dipotong kukunya

Kapan bayi boleh dipotong kukunya – Pertanyaan seperti diatas sering sekali muncul ketika sebagai orang tua baru mempunyai bayi, yang setiap hari merawat bayi yang baru lahir tentu pingin tahu, kapan sih waktu yang tepat untuk memotong kuku bayi, mari kita lihat ulasan dibawah.

Memotong Kuku Bayi

kapan bayi boleh dipotong kukunya
Kuku bayi dipotong

Kuku bayi yang baru lahir memiliki tekstur yang lembut dan cepat panjang. Potonglah kuku bayi untuk mencegah kuku tidak melukai kulit bayi. Gerakan tangan bayi yang tidak terkendali sering sekali berakibat kuku bayi mencakar wajahnya sendiri tanpa sengaja

Selain itu, kuku yang panjang juga bisa menjadi sarang kuman penyakit. Disarankan kuku tangan bayi dipangkas lebih dari sekali seminggu. Sedangkan kuku kaki bayi tumbuh lebih lambat oleh karena itu tidak perlu terlalu sering memotong kuku kaki bayi cukup sebulan sekali

Memotong kuku bayi memang harus ekstra hati-hati, jika dipotong terlalu pendek bisa menyebabkan luka, namun jika masih terlalu panjang juga bisa menggores dan menimbulkan guratan-guratan merah di wajahnya sendiri.

Kapan Waktu yang tepat Memotong Kuku Bayi

Waktu yang tepat. Gunting kuku sehabis bayi mandi. Pada saat itu kondisi kuku lebih lunak sehingga memudahkan Anda ketika memoton atau juga bisa memanfaatkan, waktu saat bayi tidur. Sebab, di saat tidur bayi tidak akan terlalu bergerak banyak sehingga kamu lebih mudah untuk menggunting kukunya.

Perlu diperhatikan bahwa cara memotong kuku bayi dengan bentuk lurus rata, bukan agak melengkung seperti kuku dewasa. Tinggalkan kuku sedikit saja agar jari tidak sampai terluka, teknik cara memotong kuku pada bayi bisa sebagai berikut ini.

Peganglah tangan mungilnya, arahkan jemari tangannya ke depan. Tahan perlahan buku-buku jarinya agar kukunya mengarah ke atas.

Gunakan gunting khusus yang tajam, berujung bundar dan tepat dalam pegangan. Jangan memotong mengunakan gunting terlalu dekat karena bahaya luka yang mungkin terjadi, potong kuku bayi dengan pencahayaan yang baik. Suasana yang gelap dikhawatirkan bisa membuat orang tua salah memotong kuku bayi.

Jika tidak sengaja melukai kulit bayi hingga berdarah atau memotong terlalu pendek kukunya jangan panik. Siapkan antiseptik. Dan hentikan pendarahan dengan memberikan kapas dengan sedikit tekanan, jangan menggunakan plaster. Sebab bisa menyebabkan bayi tersedak ketika memasukkan tangan mungilnya ke mulut, sebaiknya, perhatikan juga pencahayaan saat memotong kuku bayi. Menggunting kuku dengan cahaya yang kurang atau lampu tidak terang bisa membahayakan bayi.