Genpi – Sebelumnya kita telah membahas apa itu internet marketing dan tujuan internet marketing, kali ini mari kita bahas jenis-jenis internet marketing yang sering dengar.

Jenis jenis internet marketing menurut para ahli
Jenis jenis internet marketing menurut para ahli

Beberapa jenis internet marketing diantaranya:

1. Web Marketing
Web marketing merupakan sebuah teknik pemasaran yang menggunakan media website. Ada beberapa contoh pemasaran yang menggunakan media website yang sering kita temui pada internet, salah satu contohnya adalah situs affiliate marketing atau situs yang menawarkan produk orang lain untuk dijual kembali.
Dari namanya saja sudah terlihat kalau kita harus mempunyai website untuk mempromosikan produk yang kita jual. Maka dari itu pengertian dari web marketing sendiri adalah teknik pemasaran menggunakan media website. Yang belum paham apa itu dengan web marketing bisa lihat contohnya seperti situs affiliate marketing. Pada situs affiliate marketing terlihat bahwa situs atau website tersebut menawarkan produk orang lain untuk dijual kembali.

2. Email Markering
Email marketing malalui media email mungkin tidak setenar atau sepopuler web marketing. Meski demikian bukan berarti email marketing tidak efektif untuk menjaring pelanggan, anggapan tersebut sama sekali salah, justru email marketing dinilai oleh para Internet Marketer Profesional sebagai media promosi online terbaik.
Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan istilah email marketing. Email marketing merupakan cara promosi dengan melakukan email blast. Meskipun email marketing ini tidak begitu banyak orang yang tahu bukan berarti tidak efektif dan tidak bisa mendapatkan pelanggan. Bagi para Marketer Profesional cara promosi dengan email marketing adalah cara terbaik, hal ini dikarenakan email merupakan media komunikasi online yang sifatnya cukup pribadi dan bisa membuat kita (penjual) bisa menawarkan produk yang kita jual secara personal.

3. Sosial Media Marketing
Salah satu jenis internet marketing yang diminati oleh banyak orang adalah sosial media marketing. Kekuatan sosial media sebagai sarana promosi sangatlah besar, hal ini dikarenakan pengguna sosial media yang banyak. Dengan memanfaatkan sosial media untuk promosi memberikan peluang besar untuk mendapatkan pelanggan yang membeli produk yang kita jual.
Sosial media merupakan salah satu contoh teknik pemasaran online yang cukup degemari oleh para internet Marketers saat ini. Alasan utamanya adalah karena biaya promosi yang murah, bahkan jikas semuanya dikerjakan sendiri, maka tidak akan mengeluarkan biaya sama sekali. Kekuatan Medsos sebagai media promosi tentu tak bisa diragukan lagi, dikarenakan jumlah dari pengguna medsos yang menjamur.
Sementara itu dalam berbisnis melalui internet marketing ini, Anda juga harus memiliki strategi. Strategi yang dilakukan salah satunya dengan membuat dan mengikuti komunitas online. Komunitas ini harus sesuai dengan produk atau jasa yang Anda pasarkan. Tujuannya yaitu untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual, namun promosi yang dilakukan melalui komunitas adalah promosi secara halus. Anda bisa membagikan informasi bermanfaat yang nantinya dengan menyarankan anggota komunitas untuk membeli produk atau jasa yang Anda miliki.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin berbisnis menggunakan media promosi internet marketing.