Cara Memandikan Bayi

Genpi.net  – Cara Memandikan Bayi, Memandikan bayi bisa menggunakan tempat mandi bayi kecil yang terbuat dari plastik. Mulailah dengan cara mengisi beberapa cm air hangat, Pastikan suhu air mandi bayi Anda antara 32-37 derajat Celcius kemudian aduk air dengan tangan sehingga panas air dapat merata dan tidak berkumpul di satu tempat.

cara memandikan bayi
Cara memandikan bayi

Perlu diperhatikan sebelum memasukkan bayi dalam air, ujilah suhu air menggunakan bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk memastikan air tidak terlalu panas. Apabila rumah anda menggunakan pemanas air, pastikan diatur tidak lebih dari 49 derajat Celcius untuk mencegah perubahan suhu air yang mendadak.

Satu tanggan gunakan untuk menopang punggung, kepala, dan leher bayi dengan lembut. pelan-pelan masukkan bayi ke dalam air, tetap topang bayi dengan satu tangan saat ibu membersihkan tubuh bayi dengan tangan yang lain. Bersihkan area sekitar mata bayi menggunakan cotton pad kemudian usap area sekitar mulut, hidung, dan seluruh wajah bayi menggunakan handuk lembut. Usaplah dari tengah menuju keluar. Usap juga lipatan di leher dan jangan lupa bagian belakang telinganya

Popok adalah bagian tubuh yang terakhir dicuci. Untuk bayi perempuan, bersihkan area kelamin dari depan ke belakang,pada bayi laki-laki cuci alat kelamin dan sekitarnya, juga bersihkan dari depan ke belakang, lalu keringkan sepenuhnya. Untuk bayi laki-laki yang belum disunat. Biarkan bayi Anda meluangkan waktu sebentar di kamar mandi untuk menikmati air hangat

Semangkuk air di tunag ke tubuhnya agar tetap hangat. Hati-hati mengucurkan air langsung dari keran, karena suhu air bisa berubah secara mendadak.
Selimuti bayi dengan kedua tangan Anda, melewati daerah sekitar dada bayi Anda menuju bawah lengannya, lalu topang kepalanya dengan telapak tangan Anda, dan angkat dia keluar dari bak mandi, kemudian segera balut si kecil dengan handuk.

Keringkan dengan perlahan menepuk-nepuk kulitnya dengan handuk hingga kering untuk menghindari kerusakan kulit,keringkan juga hingga ke bagian lipatan tubuhnya, karena kelembapan berlebih bisa menyebabkan iritasi kulit, dan ini bisa membuat bayi tidak nyaman.