Bayi Baru Lahir Normal Bab Berapa Kali Sehari

Bayi yang mendapatkan ASI akan begitu melakukan sering BAB utamanya pada bayi usia 2 minggu sampai 1 bulan karena ASI memiliki zat pencaharnya, hal tersebut normal. Bayi baru lahir biasa memiliki pola buang air besar yang lebih sering, bahkan pada bayi yang mendapatkan ASI akan bisa mencapai 10 kali dalam sehari hal tersebut adalah yang normal

Bayi Baru Lahir Normal Bab Berapa Kali Sehari
Bayi Baru Lahir Normal Bab Berapa Kali Sehari

Semua hal yang terjadi pada bayi itu ada fungsinya termasuk buang air besar yang begitu sering pada bayi berfungsi mengeluarkan bilirubin yang terkandung di dalam tubuh bayi ini karena bayi usia 2 hari akan mengalami bilirubin fisiologis dikarenakan sel darahnya pecah. Bilirubin tubuh bayi dikeluarkan melalui feses juga urine bayi.

Apabila menggunakan popok sekali pakai maka BAB biasanya akan terserap oleh popok karena BAB pada bayi yang baru lahir ini biasanya hanya sedikit dan cair. Namun apabila feses ada ampasnya, segera untuk mengganti popok yang digunakan bayi, jangan sampai terlalu lama dikarenakan dalam feses memiliki zat yang dapat mengiritasi serta bisa menyebabkan ruam pada kontak feses serta urine yang terlalu lama.

Untuk embersihkan BAB pada bayi gunakan kapas dan air hangat, sebaiknya hindari menggunakan bahan yang bisa iritasi. Bayi usia 0-40 hari mesti dijaga supaya kulitnya tidak lembab. Untuk mengurangi kelembaban kulit di daerah inguinal dengan menggunakan popok yang memiliki daya serap tinggi.

Baca Cara menambah berat badan Bayi

Ibu juga harus selalu menjaga pola pemakaian popok jangan biarkan bayi menggunakan popok sekali pakai seharian tanpa diganti. Ibu harus tahu kapan bayinya perlu diganti popoknya. setiap bayi memiliki waktu yang berbeda beda, cepat tanggap sang ibu dalam mengganti popok i akan menghindari kulit bayi dari iritasi.

Kontak feses dan urine yang terlalu lama adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi terjadinya ruam popok. Konsumsi makanan tertentu, popok yang terlalu lama, popok terlalu ketat dan juga pemakaian zat-zat tertentu sebelum menggunakan popok adalah beberapa penyebab lain terjadinya ruam popok