Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan – Perjalanan liburan maupun bisnis, seharusnya berjalan lancar mulai dari saat berangkat hingga perjalanan berakhir. Namun pada kenyataanya, hal – hal tidak terduga dapat terjadi dan membuat kenyamanan perjalanan Anda, dapat beruabah seketika. Menggunakan asuransi perjalanan menjadi salah satu persiapa penting yang diperlukan sebelum keberangkatan Anda.

Banyak turis Indonesia mempertanyakan pentingnya asuransi perjalanan. Pada dasarnya, asuransi perjalanan berguna untuk melindungi diri Anda saat terjadi kecelakaan atau risiko-risiko buruk dalam perjalanan.

Sebelum Anda berangkatm pastikan Anda telah terlindungi. Dengan memiliki asuransi perjalanan yakinlah bahwa Anda akan siap menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi.

asuransi perjalanan, asuransi perjalanan adalah
Asuransi Perjalanan

Banyak negara yang mewajibkan turisnya memiliki asuransi perjalanan sebelum tiba di negara tersebut. Negara-negara Eropa dan Amerika sudah pasti mewajibkan Anda punya asuransi perjalanan.

Jenis asuransi perjalanan Asuransi perjalanan mencakup banyak jenis, yang paling umum adalah internasional. Asuransi ini melindungi Anda dari risiko medis dalam kurun waktu yang ditentukan.

Ada pula asuransi tahunan, yang meng-cover perjalanan domestik maupun internasional dengan berbagai keperluan sepanjang tahun. Ada perusahaan yang menyediakan asuransi khusus haji dan umrah, serta asuransi domestik yang melindungi seluruh perjalanan di Indonesia.

Ada pula student assist yakni asuransi khusus mahasiswa yang menjalani pendidikan di luar negeri. Cara mendaftar asuransi perjalanan Kini, Anda tak perlu datang ke kantor asuransi hanya untuk mendaftar travel insurance.

Beberapa perusahaan seperti ACA, AIG, AXA dan ACE melayani pendaftaran asuransi perjalanan via online. Dengan sangat mudah. Anda tinggal masuk ke situs asuransi perjalanan tersebut, mengisi data diri, negara tujuan dan lamanya perjalanan. Anda bisa memilih asuransi jenis apa yang akan diambil.

Kartu kredit juga dapat digunakan untuk pembayaran premi asuransi. Perlu anda ketahui, premi yang dikeluarkan untuk asuransi travel cenderung kecil dibanding total biaya perjalanan.

Harga serta tanggungan asuransi perjalanan pun beragam, tergantung perusahaan yang kita ambil. Asuransi Central Asia (ACA) misalnya, punya asuransi jenis executive seharga 21 dollar AS dengan tanggungan senilai 50.000 Euro. Asuransi jenis executive ini wajib dimiliki oleh wisatawan yang ingin mengunjungi Eropa. Schengen wajib travel insurance. Kalau negara-negara Asia harganya 12 dollar AS per minggu.

Asuransi Perjalanan Adalah

Apa saja yang ditanggung asuransi perjalanan?
Pada dasarnya semua asuransi perjalanan menanggung biaya medis wisatawan selama di luar negeri. Namun rupanya, ada beberapa premi tambahan yang bisa dibeli untuk perlindungan lainnya. Travel insurance juga ada yang melindungi dari kehilangan bagasi, atau delay pesawat. Banyak penumpang yang mengeluh soal kehilangan bagasi, Banyak pula maskapai yang tidak mengganti rugi atau hanya mengganti sebagian kecil dari barang yang hilang.

Dengan premi tambahan dari asuransi perjalanan, Anda akan mendapatkan ganti rugi jika koper hilang. Ada juga perlindungan terhadap rumah. Itu untuk yang traveling dan meninggalkan rumah dalam waktu lama.
Serta ada premi asuransi perluasan untuk negara – negara yang tidak aman. Namun, agen perjalanan tidak mungkin menjual destinasi wisata untuk negara yang tidak aman. Maka mayoritas asuransi yang digunakan tidak termasuk premi tambahan. Namun, berkaca pada kasus terorisme yang marak beberapa waktu belakangan, ada baiknya premi satu ini ditambahkan jika Anda ingin traveling ke Eropa.

Cara klaim asuransi perjalanan, proses pengambilan dana atau penggunaan asuransi terbagi dalam dua skema. Skema pertama adalah apabila perusahaan tersebut termasuk dalam worldwide provider. Misal saat kecelakaan, yang harus Anda lakukan adalah menunjukkan asuransi tersebut kepada pihak rumah sakit. Namun tidak semua perusahaan asuransi menyediakan ini.

Baca juga tentang Asuransi Rumah

Mayoritas cara pengajuan klaim adalah dengan skema reimburse. Apabila jatuh sakit atau mengalami kecelakaan, Anda bisa berobat terlebih dahulu di negara tersebut. Selanjutnya, Anda harus meminta surat keterangan dari dokter sebagai bukti saat Anda mengajukan klaim di Indonesia. Perlu diingat, sebelum membeli produk asuransi perjalanan, teliti dulu semua fasilitasnya. Berapa besar tanggungan dari perusahaan tersebut, berapa lama dan di negara mana saja asuransi berlaku, serta cara klaim yang berlaku.

Untu itu, jika Anda memutuskan ingin jalan – jalan keluar negeri baik untuk urusan bisnis maupun liburan terutama perjalan Internasional. Alangkah baiknya menggunakan asuransi perjalanan, sehingga perjalanan Anda akan aman dan nyaman serta jika terjadi risiko yang tidak diinginkan dinegara bersangkutan. Pihan asuransi dapat membantu Anda dikemudia hari.