Apa itu Internet Marketing

Genpi– Apa sih internet Marketing itu ? ini pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang yang baru mendengar istilah tersebut di telinga mereka dan terasa sangat asing tdengan istilah tersebut.

Apa itu Internet Marketing, tujuan internet marketing
Apa itu Internet Marketing

Apa itu internet marketing, menurut wikipedia, Pemasaran internet atau internet marketing adalah bentuk dari pemasaran dan periklanan melalui atau menggunakan media online atau internet, untuk mengirimkan pesan – pesan promosi suatu produk atau jasa kepada konsumen.

Internet marketing mencakup bagian – bagian besar berikut;
1.General Internet Marketing (GIM) yang terdiri dari search engine Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing (SMM) & Social Media Optimization (SMO), Email Marketing, Content Marketing,
2. Search Engine Marketing (SEM) yang terdiri dari; Pay-Per-Click (PPC), Cost-Per-Impression, Search Analytics, Web Analytics
3. Display Advertising (DA)
4. Affiliate Marketing (AM)
5. Mobile Advertising (MA)

Bagian-bagian dari internet marketing ini bisa disingkat GSDAM (general,search,display,affiliate dan mobile). Jika sudah mulai menyelami dan memahami internet marketing Anda tentuta akan hafal dengan sendirinya mengenai istilah – istilah ini.
Jadi internet marketing dapat dipahami sebagai, proses mempromosikan, memasarkan dan mengiklankan sesuatu dengan menggunakan media internet (GSDAM).

Karena jaringan internet sudah mendunia, maka internet marketing tidak dibatasi tempat dan zona waktu. Jika Anda memasarkan produk atau jasa Anda dengan internet marketing, maka Anda bisa memasarkan apa saja, ke mana saja, dan setiap saat. Pangsa pasar terbuka lebar untuk Anda.

Ada juga topik internet marketing tentang seo, jika tertarik silahkan menggunakan jasa seo yang dekat dengan anda dan bisa menentukan harga yang bisa dipilih.

Berikut contoh elemn dalam internet marketing dibandingkan dengan marketing tradisional.

No

Istilah

Contoh Elemen Dalam Marketing Tradisional

Contoh Elemen Dalam Internet Marketing

1

Publisher atau yang memiliki media

Percetakan yang menyediakan media cetak seperti brosur, pamflet, surat edaran, dan koran.

Media elektronik seperti televisi dan radio.

Penyedia jasa email, situs web desktop dan mobile (baik berupa situs web mesin pencari, situs web iklan, dan social media).

2

Advertiser atau pengiklan yaitu orang yang mengiklankan produk atau jasanya (pemilik barang atau penyedia jasa)

Orang yang mengiklankan produk atau jasanya via marketing tradisional.

Orang yang mengiklankan produk atau jasanya via internet marketing.

3

Consumer

Konsumen yang melakukan konversi setelah melihat informasi iklan dari produk atau jasa tertentu di media cetak atau media elektronik.

Konsumen yang melakukan konversi setelah melihat informasi iklan dari produk atau jasa tertentu via email atau situs web/mobile.

4

Ads (Iklan) dan promotion (promosi)

Kolom-kolom iklan/promosi produk/jasa di media cetak dan slot-slot iklan di media elektronik.

Kolom-kolom iklan/promosi produk/jasa di situs web, informasi produk atau jasa di email, dan ads feed di social media.

5

Advertising agency atau agen periklanan (membantu advertiser atau pengiklan untuk mengiklankan produk atau jasa di media publisher)

Agen iklan surat kabar.

Agen iklan AdWords (PPC).

Tujuan Internet Marketing

Manfaat menggunakan internet marketing:
1. Waktu Yang Tidak Terbatas. (24 Jam Nonstop)
2. Jangkauan Pasar Luas. (Bukan Cuma Kabupaten, Kota, Provinsi, Negara. Kamu Bisa Menjangkau Dunia)
3. Hemat Biaya. (Kamu Bisa Menghemat Hingga 80% Biaya Pemasaran)
4. Jalin Hubungan Langsung Dengan Konsumen. (Bisa Live Chat, Messenger Atau Email)
5. Minim Resiko. (Toko Kamu Enggak Bakal Terjadi Kebakaran, Kemalingan, Atau Segala Hal Yang Terjadi Di Real)
6. Saingan (Banyak Kategori Bisnis Terutama Di Indonesia Yang Masih Minim Pesaing Melalui Pemasaran Internet).
7. Dan Masih Banyak Manfaat Lain Yang Kamu Dapatkan.

Sebagai pemula jika ingin berkecimpung didalam bisnis menggunakan pemasaran internet hal yang harus Anda ketahui adalah ruang lingkup pemasaran internet itu sendiri. Bagaimana cara Anda memasarkan produk serta dimana Anda dapat memasarkan produk atau jasa Anda tersebut sehingga mendapatkan penjualan yang sesuai dengan harapan Anda.

Ruang lingkup pemasaran internet atau lingkungan pemasaran yang sering dipakai oleh praktisi internet adalah;
• Sosial media seperti Facebook, Twitter, Google plus dll,
• Mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan Yandex.
• Marketplasce (bukalapak, Tokopedia, Lazada, Olx dll)
• Email marketing
• Video marketing (Youtube, Vidio.com dll)
• Forum Jual Beli online dan banyak lagi

Sementara mengenai pelaku internet marketing sendiri, semua orang yang ingin memasarkan produk atau jasa melalui internet merupakan seorang internet marketing. Namun secara mendalam, banyak orang yang justru mendalami pemasaran internet itu sendiri. Maka tak heran jika saat ini jasa pemasaran internet bertebaran di internet.

Orang – orang inilah yang disebut sebagai penggiat. Berbagai istilah untuk sebutan mereka juga muncul seperti “Internet Marketer”, “Internet Marketers”. Mereka adalah orang-orang yang mendedikasikan dirinya untuk bisnis di internet. Baik itu sebuah jasa pemasaran maupun mereka yang memang sudah lama menjajaki bisnis mereka melalui pemasaran internet.
Para penggiat pemasaran internet juga dituntut selalu mengikuti perkembangan trend. Baik itu trend di sosial media, Search Engine, teknik dan strategi. Agar tentunya mereka bisa melakukan implementasi yang tepat pada pemasaran internet yang mereka lakukan.